Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Thursday, October 22, 2015

    Warna Air Mani dan Indikasi Kesehatannya

    Untuk mengetahui sehat tidaknya air mani, pria harus memeriksakan sampel cairan ejakulasinya ke laboratorium. Namun secara kasat mata, sehat tidaknya air mani bisa diamati dari warnanya. Normalkah air mani Anda?

    Warna dan konsistensi air mani dapat bervariasi berdasarkan pada beberapa faktor, seperti usia, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta frekuensi ejakulasi. Setelah ejakulasi, air mani akan menebal dengan konsistensi seperti jelly. Dalam waktu 30 menit, biasanya menjadi mencair dan semakin bening.

    Perubahan tampilan air mani biasanya bersifat sementara dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang berarti. Namun, terkadang perubahan ini dapat menjadi tanda kondisi medis yang mendasar dan memerlukan evaluasi lebih lanjut.

    Jika perubahan warna air mani bertahan selama lebih dari satu atau dua minggu, atau jika perubahan warna dikaitkan dengan gejala lain seperti nyeri, demam, disfungsi seksual atau darah dalam urine, segeralah ke dokter untuk evaluasi.

    Berikut beberapa warna air mani dan indikasi kesehatannya.

    1. Air mani berwarna putih, abu-abu agak kekuningan

    Warna air mani atau semen yang sehat adalah 'grey-yellow', berwarna putih atau abu-abu, kadang-kadang berwarna kekuningan. Warna air mani yang normal ditentukan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi, yang juga memberikan rasa pada air mani.

    Air mani akan terasa pahit dan masam bila seorang pria banyak makan daging merah, produk hewani, bawang merah, bawang putih, dan kopi. Air mani akan terasa manis bila seorang pria banyak memakan buah-buahan yang mengandung gula alami seperti jeruk, pisang dan apel.

    2. Air mani berwarna merah atau cokelat

    Jika warnanya merah atau kecokelatan saat ejakulasi, kemungkinan ada pembuluh darah pecah di prostat. Darah persisten yang keluar bersama air mani juga bisa terjadi akibat infeksi, trauma atau dalam kasus yang parah bisa terjadi karena adanya kanker. Jika kondisi ini terjadi selama beberapa hari, segeralah konsultasikan ke dokter.

    3. Air mani berwarna kuning hijau keemasan

    Air mani yang berwarna kuning, hijau keemasan dapat mengindikasikan adanya infeksi, termasuk infeksi prostat, mungkin karena penyakit menular seksual yang disebut gonore atau kencing nanah. Segera konsultasikan ke dokter, karena jika air mani berubah warna akibat infeksi gonore maka diperlukan pengobatan antibiotik.

    4. Air mani berwarna kuning

    Air mani berwarna kuning biasanya disebabkan karena adanya urine yang bercampur dengan cairan ejakulasi. Warna kuning pada air mani juga bisa terjadi pada pria yang tengah mengonsumsi antibiotik. Umumnya air mani berwarna kuning tidak menunjukkan masalah kesehatan yang berarti.

    Sumber: detikHealth

    No comments:

    Post a Comment