Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Tuesday, October 5, 2010

    Daun Kemangi Dapat Merangsang Pematangan Sel Telur

    Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bahwa kemangi hanyalah sebagai makanan lalapan yang biasanya disajikan dan dimakan secara mentah, atau juga sebagai campuran dalam masakan untuk memberikan aroma yang sedap. Namun ternyata kemangi, yang nama latinnya Ocimum basilicum, memiliki manfaat bagi organ seksual pria dan wanita.

    Bagi pria, senyawa dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi dini. Zat arginine yang ada di dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi dini pada pria. Zat arginine dan zat 1-8 sineol ini dapat memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan. Di samping itu, kandungan apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi dapat mempermudah ereksi.

    Sedangkan bagi wanita, kandungan senyawa anetol dan boron yang terdapat pada kemangi dapat merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol juga mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi juga dapat merangsang pematangan sel telur (ovulasi). Selain itu, zat tannin dan seng yang juga terkandung dalam kemangi mampu mengurangi sekresi cairan vagina, serta zat triptofan yang dapat menunda menopause.

    Dalam buku ”A Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan bahwa sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin.

    Aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk. Sejak jaman dahulu, kemangi disuling untuk diambil sari minyak atsirinya. Minyak atsiri kemangi dapat digunakan untuk pijat aroma terapi. Namun untuk wanita hamil, dilarang untuk menggunakan minyak atsiri kemangi ini karena dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

    Minyak kemangi juga berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan (seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus), gangguan sakit kepala (seperti sakit telinga, demam, sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram), dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomnia).

    Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran yang kaya akan provitamin A. Dalam setiap 100 gram daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Selain itu, kemangi juga banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, masing-masing sebesar 45 gram dan 75 gram per 100 gram daun kemangi.

    Artikel Terkait:
    Daun Kemangi, Si Harum Pereda Stres

    No comments:

    Post a Comment

    Post a Comment