Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Saturday, December 10, 2016

    Cukup rutin jalan kaki, risiko diabetes berkurang

    Tak perlu olahraga berlebihan untuk mencegah datangnya penyakit gula atau diabetes. Dilansir dari Menshealth.com, jalan kaki secara rutin ternyata lebih efektif menurunkan risiko diabetes.

    Dalam studi yang dilakukan oleh Duke University, peneliti meminta para relawan dengan kondisi pradiabetes (kondisi di mana gula darah Anda meningkat, tetapi tidak pada tingkat untuk dikategorikan sebagai diabetes) untuk berolahraga jalan kaki atau joging sejauh 22 km seminggu selama 6 bulan.

    Peneliti menemukan, bahwa orang-orang dalam kelompok olahraga jalan kaki mengalami peningkatan toleransi glukosa sebanyak hampir enam kali lipat dibanding para relawan yang melakukan olahraga joging. Toleransi glukosa adalah ukuran seberapa baik sel tubuh mampu menyerap gula darah.

    Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui sebab mengapa berjalan tampaknya lebih mampu melindungi orang-orang dari penyakit diabetes, kata penulis studi Cris A. Slentz, dari Duke University. Para peneliti memiliki beberapa teori.

    Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah, ketika Anda melakukan olahraga jalan kaki dengan tingkat moderat, tubuh Anda lebih dapat mengaktifkan penyimpanan asam lemak untuk dijadikan bahan bakar, lebih dari ketika Anda berolahraga dengan intensitas lebih tinggi seperti joging.

    Terlalu banyak asam lemak dapat membuat tubuh menjadi lebih sulit untuk memroses hormon insulin. Jika tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin secara efektif, sel-sel tubuh tidak akan dapat menyerap gula darah dari aliran darah Anda. Akibatnya, tubuh akan memroduksi lebih banyak insulin untuk mencoba mengimbangi kondisi itu.

    Akhirnya, Anda tidak dapat menghasilkan cukup banyak insulin untuk menghilangkan gula darah dari darah dan ini memicu kondisi pradiabetes dan diabetes.

    Sampai penelitian lebih lanjut dilakukan, masih belum cukup jelas apakah berjalan dapat memengaruhi tubuh orang yang sehat dengan cara yang sama terhadap mereka yang prediabetes. Namun, temuan ini berlaku untuk lebih banyak orang dari yang mungkin Anda perkirakan.

    Jadi jika Anda memiliki kondisi pradiabetes, kadar plasma glukosa Puasa Anda ada di antara 100 sampai 125 miligram perdesiliter (mg / dL). Dalam kondisi diabetes, kadar plasma glukosa Anda ada di antara 126 mg / dL atau lebih.

    Ini menjadi titik ideal bagi Anda untuk mulai memasukkan rencana olahraga jalan kaki ke dalam jadwal latihan Anda.

    Meski demikian, jangan sepelekan manfaat latihan intensitas tinggi seperti joging. Latihan intensitas tinggi memiliki manfaat tersendiri di antaranya adalah menguatkan jantung, serta meningkatkan mobilitas dan fungsi tubuh lainnya, kata Slentz.

    Menggabungkan antara berjalan dengan berlari, akan memberi manfaaat optimal bagi kesehatan Anda.

    Sumber: kompas.com

    Baca Selengkapnya>>>

    Friday, June 24, 2016

    Mau Memanaskan Makanan, Perhatikan Dulu Jenis Bahan Makanannya

    Untuk mempersingkat waktu, kerap kali sajian sahur merupakan sisa makanan malam yang dipanaskan kembali. Namun ada makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan.

    Kemungkinan sisa makanan akan dipanaskan untuk sahur. Akan tetapi harus diperhatikan jenis makanannya. Sebab ada makanan hasil pemanasan kembali yang bisa menyebabkan sakit jika dikonsumsi.

    Salah satu pejabat di Dubai Municipality menjelaskan bahwa makanan tertentu bisa menyebabkan keracunan makanan apabila terlalu banyak terkena panas atau kurang sempurna pemanasannya.

    "Masyarakat perlu mengambil tindakan pencegahan saat menyiapkan seluruh jenis makanan, tapi beberapa membutuhkan perhatian lebih dari yang lain," ujar Shugufta Zubair dari departemen keamanan pangan di Dubai Municipality, seperti dilansir dari Gulf News (21/06).

    Menurut UK Food Standards Agency, rahasia memastikan makanan tetap aman konsumsi yaitu proses masak, pembersihan, pendinginan dan kontaminasi silang.
    "Apapun yang disimpan di lemari es antara 2-4 jam masih aman untuk dikonsumsi, tapi setelah itu, makanan harus dipanaskan hanya sekali," tambah Zubair.

    Zubair juga menjelaskan untuk mencegah bakteri tumbuh, makanan perlu dipanaskan lebih dari 63 derajat Celcius. Sebab bakteri akan aktif diantara suhu 5-60 derajat Celcius.

    Gulf News merangkum 5 makanan yang bisa membuat sakit jika tidak dipanaskan dengan tepat atau dipanaskan lebih dari sekali.

    1. Bayam

    Bayam kaya akan kandungan zat besi, dalam bentuk nitrat. Nitrat yang sehat akan berubah jadi nitrit beracun ketika dipanaskan. Ini bisa menimbulkan risiko kesehatan.

    2. Ayam

    Ayam mengandung protein tinggi. Ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dipanaskan setelah satu hari atau lebih.

    3. Jamur

    Jamur harus dimakan pada hari yang sama dari pembuatan masakannya. Sebaiknya bahan ini tidak dipanaskan kembali karena kompleksitas yang ditemukan dalam komposisinya yang kaya protein.

    4. Kentang

    Sama seperti jamur, kentang mengandung kelembaban dan seharusnya tidak dipanaskan kembali secara sembarangan. Jika dibiarkan tanpa penyimpanan dalam lemari es, ada kemungkinan bakteri tumbuh. Bakteri akan aktif ketika dipanaskan dan menyebabkan keracunan makanan.

    5. Telur

    Telur harus dipanaskan secara menyeluruh pada suhu tinggi. Jika tidak, bakteri akan tumbuh cepat. Telur matang atau sajian berbahan telur juga jangan dibiarkan di luar lemari es lebih dari dua jam.

    Sumber: detikFood

    Baca Selengkapnya>>>

    Tuesday, June 14, 2016

    Perbedaan Nutrisi pada Paha Ayam dan Dada Ayam

    Bagian dada dan paha jadi pilihan utama saat memesan ayam. Soal rasa dan tekstur daging memang tergantung selera. Akan tetapi jika dilihat dari segi nutrisi, lebih baik yang mana?

    Secara umum, daging ayam dikenal lebih rendah lemak dibandingkan dengan daging sapi. Namun, sehat atau tidaknya hidangan ayam tergantung dari bagian mana yang digunakan serta bahan apa yang dicampurkan saat mengolahnya.

    Dada ayam biasanya memiliki daging yang lebih banyak dibandingkan dengan dada ayam serta dagingnya kering dan berserat. Sedangkan daging paha ayam lebih basa dan gurih. Lebih sehat yang mana? Yuk, lihat kandungan nutrisinya!

    1. Protein

    Semua daging hewani mengandung protein, termasuk daging sapi, unggas serta ikan. Satu potongan paha ayam panggang dengan berat sekitar 85 gr mengandung protein sebesar 21 gram. Sedangkan dada ayam mengandung protein yang lebih tinggi yaitu sekitar 25 gram.

    Asupan yang disarankan untuk protein per harinya adalah 46 gram sehari untuk wanita dan 56 gram per hari untuk pria. Protein ini sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan sel dan juga membangun masa otot.

    2. Karbohidrat

    Dada ayam ataupun paha ayam tidak mengandung karbohidrat. Akan tetapi jika Anda mengolah ayam dengan aneka saus seperti barbeque, madu atau lapisan tepung dapat menambah kandungan karbohidrat. Sehingga untuk Anda yang tidak ingin konsumsi karbohidrat berlebih, disarankan untuk mengonsumsi dagingnya saja tanpa tambahan saus atau lapisan tepung.

    3. Lemak

    Kandungan lemak cenderung lebih rendah dada ayam dibandingkan dengan bagian paha. Satu porsi dada ayam panggang mengandung 7 gram lemak total dan 2 gram lemak jenuh, ini merupakan 10% dan 9% dari nilai harian yang direkomendasikan.

    Sedangkan, paha ayam memiliki kandungan lemak sebesar 13 gram lemak total dan 3,5 gr lemak jenuh per porsi atau sekitar 85 persen. Ini adalah 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dari total lemak dan 18 persen lemak jenuh. Menghilangkan kulit pada bagian dada maupun paha dapat mengurangi kandungan lemaknya.

    4. Kalori

    Dada ayam dan paha ternyata mengandung kalori yang berbeda. Satu porsi dada ayam dengan ukuran 85 gram dada ayam mengandung 170 Kkal, sedangkan paha ayam mengandung 210 Kkal. Tentu kalori akan bertambah jika Anda menambahkan saus pada sajian ayamnya.

    5. Kolesterol

    Dada dan paha ayam mengandung kolesterol yang moderat. 85 gram daging ayam bagian dada mengandung 70 mg kolesterol. Sedangkan untuk paha ayam mengandung 80 mg kolesterol.

    Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga dapat sebabkan penyakit jantung.

    The American Heart Association merekomendasikan utnuk membatasi asupan kolesterol harian sebesar 200 mg untuk orang dengan penyakit jantung koroner.

    6. Zat besi

    Zat besi merupakan mineral penting yang dapat membantu produksi hemoglobin dan mioglobin. Dada dan paha ayam memiliki jumlah kandungan zat besi yang sama. Satu porsi dada ayam mengandung 4% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan. Sedangkan satu porsi paha ayam mengandung 6%.

    Sumber: detikFood

    Baca Selengkapnya>>>

    Saturday, March 5, 2016

    Ingin Lebih Pintar? Ini 5 Langkah Meningkatkan IQ Bagi Orang Dewasa

    Perkembangan otak memang berhenti di usia 25 tahun. Namun peneliti percaya bahwa kecerdasan intelektual (IQ) seseorang bisa berubah tergantung situasi dan kondisi orang tersebut.

    Dan Hurley, penulis buku Smarter: The New Science of Building Brain Power, mengatakan kecerdasan intelektual bisa ditingkatkan. Dengan begitu, kemampuan kognitif seseorang juga bertambah.

    Lalu bagaimana caranya? Dikutip dari CNN, Hurley mengatakan ada 5 langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

    1. Belajar alat musik

    Hurley mengatakan para musisi memiliki kecerdasan intelektual yang lebih tinggi daripada populasi umum. Hal ini bisa dijadikan motivasi bagi Anda untuk belajar memainkan alat musik.

    "Belajar alat musik membuat Anda berusaha keras, dan membuat banyak sel baru di bagian kognitif otak. Artinya kecerdasan intelektual Anda pun akan meningkat," tutur Hurley.

    2. Diet mediterania

    Istilah superfood sering digunakan untuk makanan yang mengandung nilai gizi tinggi namun murah dan tersedia di banyak tempat. Riset terbaru yang diterbitkan jurnal Neurologi mengatakan diet mediterania bisa jadi kunci untuk meningkatkan IQ Anda.

    "Diet mediterania kaya dengan olahan minyak zaitun dan kacang yang memikiki sifat antioksidan. Hal ini menjaga sel-sel otak Anda dari radikal bebas dan membuatnya lebih panjang umur," tutur Hurley.

    3. Cukup waktu tidur

    Mungkin terdengar sepele, tapi mencukupi waktu tidur 7 sampai 9 jam sehari benar-benar bisa menjaga otak Anda. Ketika tidur, otak menghasilkan banyak neuron baru yang berfungsi untuk menambah memori dan meningkatkan fungsi kognitif.

    "Ketika tidur, tubuh juga melakukan reparasi pada sel-sel saraf yang rusak. Dengan begitu, kerja otak di esok hari lebih mudah dan beban yang harus ditanggung tak terlalu berat," paparnya.

    4. Aktif bergerak

    Tak hanya menguatkan otot, aktif bergerak dan berolahraga juga memiliki manfaat bagi otak. Hurley mengatakan layaknya otot, otak juga bisa berkembang dan semakin kuat jika tubuh dalam keadaan sehat.

    "Olahraga memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan mengurangi risiko penyakit-penyakit kardiovaskular yang dapat mengurangi aliran darah ke otak dan membuatnya lebih lambat," ungkap Hurley.

    5 Jauhi stres

    Ketika stres, otak akan mengalami kekacauan dan membuatnya tidak bisa merespon dengan cepat. Hal inilah yang membuat Anda kadang-kadang sulit konsentrasi dan berpikir ketika sedang mengalami stres.

    "Untuk itu jauhi stres. Anda bisa melakukannya dengan meditasi, pelatihan mindfullnes atau kegiatan lain yang menenangkan Anda," paparnya.

    Sumber: detikHealth

    Baca Selengkapnya>>>