Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Sunday, May 9, 2010

    Aktivitas di Lingkungan Alam Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

    Hanya dengan berolahraga selama lima menit di lingkungan hijau akan meningkatkan kesehatan mental Anda. Hanya dengan melakukan aktifitas di taman atau kebun, seperti bersepeda, berkebun selama beberapa menit hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan juga semangat Anda. Itulah hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Essex.

    Salah seorang peneliti, Jo Barton, menjelaskan dalam studinya tersebut (yang diterbitkan oleh Jurnal Environmental Science & Technology, bahwa para peneliti ini percaya ada potensi keuntungan yang sangat besar bagi seseorang, komunitas dan juga akan menurunkan biaya kesehatan apabila semua orang mau melakukan latihan di sebuah lingkungan hijau.

    Banyak penelitian lain yang menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan akan mengurangi risiko mengalami sakit mental dan meningkatkan rasa sejahtera, namun Jules Pretty dan Jo Barton yang melakukan penelitian ini menyatakan bahwa sampai saat ini belum daapat diketahui berapa lama kegiatan ini harus dilakukan.
    Barton dan Pretty melakukan penelitian terhadap 1.252 orang dari berbagai usia, jenis kelamin dan status kesehatan mental di Inggris. Mereka menganalisa kegiatan berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berperahu, naik kuda dan bertani. Mereka menemukan bahwa perubahan yang besar lebih dirasakan oleh anak-anak muda yang melakukan kegiatan di lingkungan alam ini. Mereka cukup melakukan olahraga hanya lima menit.

    Orang-orang jaman dahulu atau orang yang tinggal di pedesaan yang sering melakukan segala aktivitas di lingkungan alam memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik di bandingkan kita saat ini yang tinggal dalam lingkungan hutan beton. Hal ini mungkin juga disebabkan karena mereka sering melakukan aktivitas kegiatan di lingkungan hijau. Bahkan orang Jepang sering melakukan terapi penenangan diri atau bermeditasi di tempat yang sunyi di lingkungan hijau yang hanya ada suara alam di sekitar.

    Semua lingkungan hijau memiliki dampak yang sama, termasuk taman kota, atau kawasan hijau dengan taman dan air mancur. Jadi jika Anda ingin lebih rileks dan bersemangat, jangan lewatkan waktu istirahat yang dilakukan di ruangan saja. Pergilah keluar ke taman dan atau lingkungan yang hijau.

    No comments:

    Post a Comment