Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Wednesday, May 26, 2010

    Jangan Bosan Ganti Bra

    KOMPAS.com — Bentuk payudara yang indah membuat kita terlihat lebih cantik dan percaya diri. Sikap tubuh yang tegap saat berdiri dan posisi tidur telentang bisa membantu kita memelihara payudara. Selain itu, Fenny, konsultan kesehatan payudara sekaligus pemilik Elling Bra, menyarankan agar kita rutin mengganti bra. Pasalnya, berat badan kita tidak selalu stabil sehingga bisa memengaruhi ukuran payudara.

    Maka dari itu, lakukan pengukuran ulang minimal 2 kali setahun (setiap 6-12 bulan). Tujuannya untuk mengetahui perubahan bentuk dan ukuran payudara agar bisa disesuaikan dengan ukuran bra yang akan dipakai.

    Tips: Beberapa faktor berikut perlu kita perhatikan saat memilih bra:

    * Bahannya harus nyaman dipakai dan tidak terasa panas.

    * Tali bra seharusnya lebar dan tidak mudah melar saat menopang berat payudara.

    * Pilih cup bra yang pas dan mampu menampung seluruh jaringan payudara. Ukuran cup sangat penting peranannya dalam membentuk payudara yang indah. Jika terlalu kecil atau besar, maka bentuk payudara ikut berubah.

    (Intan Sari Boenarco/Prevention Indonesia)



    Editor: din


    Kesalahan Umum Saat Memilih Bra


    KOMPAS.com - Ada banyak perempuan yang sebenarnya tidak tahu cara memilih bra atau pakaian dalam yang pas dan nyaman untuknya. Jika tali bra membekas di pundak, jika payudara kita terlihat menurun atau seperti ingin berontak dari cup-nya, maka bisa dipastikan Anda sebenarnya salah memilih bra.

    Ingin tahu kesalahan apa saja yang Anda lakukan saat memilih bra?

    * Menggunakan ukuran bra yang sama bertahun-tahun. Kebanyakan dari perempuan menggunakan ukuran bra yang sama seperti yang mereka gunakan pertama kali 20 tahun yang lalu! Padahal ukuran dari bra bisa berubah sebanyak 6 kali selama hidup kita. Dengan demikian kita harus mengukur setiap 1-2 tahun untuk mencari ukuran bra yang tepat, meskipun Anda merasa tidak ada perubahan pada bentuk payudara Anda.

    * Salah mengenali ukuran payudara. Akui saja, terkadang kita ingin terlihat lebih langsing di ukuran lingkar dada dan besar cup-nya. Bukan hal yang aneh, jika perempuan dengan ukuran payudara 36B akan dengan pede keluar butik pakaian dalam dengan menjinjing tas belanja berisi bra ukuran 34B. Padahal, 90 persen fungsi bra adalah pada tali penopangnya, sisanya pada cup. Ketika bra terlalu sempit, dada akan melebar ke samping dan ke atas, seperti mau tumpah. Idealnya, tali bra menopang payudara, dan payudara tetap bisa bergerak nyaman sesuai dengan aktivitas kita.

    * Mengaitkan tali punggung di depan, lalu menggesernya ke belakang. Ketika mencoba bra baru, usahakan langsung mencobanya pada payudara, dan tidak menggunakan pelapis lainnya. Kemudian, pastikan Anda mencobanya dengan cara yang benar.

    Kesalahan yang umum dilakukan para perempuan adalah, mengaitkan tali punggungnya di depan, kemudian menggesernya ke belakang, baru menaikkan tali bahunya. Ladies, ubah kebiasaan itu sekarang. Sebab cara itu hanya akan membuat payudara tidak tertopang dan terisi sempurna pada bra.

    Cara yang benar adalah dengan berdiri tegak, masukkan tangan ke dalam cup-nya, kemudian tarik payudara ke arah tengah, supaya payudara menyebar sempurna di dalam cup. Kemudian kenakan tali pundaknya supaya mengangkat payudara dengan nyaman.

    Jangan menggunakan bra dengan tali yang terlalu kecil, apalagi jika ukuran cup Anda cukup besar. Cara itu hanya akan menambah beban pada pundak, dan membuatnya sakit. Cup juga harus benar-benar pas menopang payudara. Tidak boleh ada payudara yang kelihatan ingin "lari" dari dalam cup. Ini penting, agar payudara Anda tidak melebar dan kendur.

    * Memilih push up bra untuk payudara yang besar. Kebanyakan perempuan lebih menyukai bra tanpa jahitan atau bra dengan berbagai bentuk, yang bisa membuat payudara menjulang dan menantang. Bra-bra itu memang dirancang dengan kualitas yang baik dan menggunakan bahan yang bagus, tapi ingat, bra model itu tidak didesain untuk semua orang. Untuk mereka yang memiliki payudara besar, push up bra bisa menjadi musibah bagi Anda. Gunakan bra yang bisa mengangkat (payudara yang besar cenderung turun, RED.) dan membentuk payudara yang baik.

    * Tidak membeli bra baru. Anda menggunakan bra yang sama selama 5 tahun? Berita buruk: bra tidak didesain untuk digunakan seumur hidup, ladies. Bra memiliki masa pakai, meskipun Anda merasa bra itu tetap nyaman meskipun sudah bertahun-tahun. Bra yang digunakan beberapa kali dalam seminggu dan dicuci secara rutin hanya bisa bertahan 1 hingga 1,5 tahun. Jadi belilah bra yang baru.


    C2-10

    Editor: din


    Agar Bra Tetap Nyaman Dipakai


    KOMPAS.com - Dalam artikel di Kompas.com beberapa waktu lalu sudah dijelaskan dengan gamblang, bagaimana memilih bra yang sesuai dengan bentuk payudara Anda. Jenis bra seperti apa yang cocok untuk payudara besar atau payudara kecil, dan lain sebagainya. Setelah mendapatkannya, kini Anda perlu tahu bagaimana cara memakai bra yang benar, serta bagaimana menyimpan dan mencuci bra agar tetap awet. Charla Krupp, penulis buku How Not To Look Old, membagikan tip-nya untuk Anda:

    1. Perbaharui ukuran bra jika tubuh mengalami perubahan. Jika berat badan bertambah atau berkurang, Anda baru memiliki bayi, menjelang menopause, sedang mengonsumsi pil KB, kemungkinan ukuran payudara Anda berubah. Produsen bra Wacoal menyatakan, bahwa dalam 10 tahun terakhir (di Amerika) ukuran rata-rata bra meningkat dari 34B menjadi 36D. Anda pun bisa jadi mengalami hal yang sama.

    2. Bra yang tepat akan mengangkat payudara Anda, dan memberikan lebih banyak jarak dari torso di bawah tali bra, sehingga tubuh terlihat lebih panjang dan ramping. Inilah bagian paling ramping dari torso sehingga Anda tidak menyembunyikannya di balik payudara yang menurun (karena menggunakan bra yang salah).

    3. Kenakan underwire bra khususnya jika nomor cup bra Anda D. Jangan mengenakan bra dengan minimizer hanya supaya menekan payudara yang besar dan membuatnya lebih kecil. Yang terjadi nanti malah payudara Anda tumpah ke atas dan ke samping. Anda juga jadi sulit bernafas karena menggunakan bra yang terlalu sempit.

    4. Siapkan berbagai jenis bra untuk berbagai kesempatan. Anda tak akan tahu bagaimana jenis pakaian Anda membutuhkan bra dengan tipe tertentu. Jika Anda ingin memakai gaun kemben, tentu Anda membutuhkan strapless bra. Saat berolahraga, Anda memerlukan sports bra. Juga, jangan mengembalikan gaun Anda yang berleher rendah ke dalam lemari karena Anda tidak memiliki cleavage bra.

    5. Lupakan bra berwarna putih. Bra putih sama sekali tidak indah dipakai. Bayangkan bila Anda memakai kemeja putih yang tipis, lalu tampak bayangan bra Anda yang juga berwarna putih. Bra berwarna nude lebih sesuai, karena tak akan nampak dari balik blus yang tipis. Bra warna hitam juga diperlukan untuk jenis pakaian lain, terutama atasan berwarna hitam.

    6. Kenakan bra yang kasual untuk akhir minggu. Banyak wanita yang langsung melepas bra-nya begitu sampai di rumah. Padahal, payudara tetaplah perlu penyangga. Di akhir minggu yang santai, Anda juga ingin memakai bra yang tak terlalu rapat membungkus payudara Anda. Kenakan bra jenis racerback underwire yang memiliki spons yang tipis, dan tali menyilang yang cukup lebar sehingga tidak membuat lemak di bagian punggung menonjol ke luar.

    7. Berinvestasilah dengan bra yang berkualitas baik, meskipun harganya sedikit mahal. Anda yang berpayudara besar jelas membutuhkan bra yang baik seperti ini. Bra yang berkualitas membuat pakaian apa pun yang Anda kenakan akan terlihat mahal, dan mengangkat payudara Anda dengan baik. Bra jenis underwire adalah pilihan terbaik untuk segala suasana.

    8. Bra harus disimpan di bagian atas dalam laci dalam keadaan mendatar. Jangan sekali-sekali menggulung atau melipat bra.

    9. Cuci bra dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Selain itu, jangan mengeringkannya langsung di bawah terik matahari. Mungkin Anda terlalu lelah untuk mencucinya sendiri, namun jangan kecewa jika Anda melihat kawat bra mencuat keluar atau bra menjadi berubah bentuknya. Rata-rata, bra akan bertahan setelah 100 kali pencucian sejak pertama kali dibeli. Jangan mengenakan bra yang sama setiap hari. Bra juga memerlukan waktu untuk beristirahat, sehingga tidak kehilangan elastisitasnya.

    10. Tali, bukan cup, yang harus menyangga payudara. Tali bra seharusnya berada di sedikit bagian bawah punggung, di bawah tulang belikat. Bra juga seharusnya tetap berada di tempatnya meskipun tali bahunya melenceng atau melorot. Kita sering memendekkan tali bahu agar bra terangkat, namun hal ini hanya menyebabkan lemak di punggung tergencet ke atas. Saat mencoba bra yang baru, kencangkan tali bahunya di bagian tengah, atau kaitan yang paling longgar. Saat bra semakin sering dipakai, tali punggung akan mengendur, sehingga tali bahu yang masih kencang akan membantu pemakaian yang lebih nyaman.


    DIN

    Bra putih memang cantik, namun tidak indah dilihat saat berpakaian.
    Underwire bra warna nude paling pas untuk segala suasana (kanan).

    Sumber dan Foto: kompas.com

    Tips: Menentukan Ukuran Bra Secara Tepat

    Pedoman pengukuran :
    1. Ukurlah lingkar dada, tepat dibawah payudara dalam satuan cm.
    2. Jadikan dalam satuan inchi (1 inchi= 2,5 cm)
    3. Jika hasilnya ganjil, tambahkan 5 inchi. Jika genap tambahkan 4 inchi.
    4. Itu adalah ukuran bra (BH) kita

    Untuk mengetahui ukuran cup (mangkok), caranya :
    1. Ukur lingkar dada tepat pada payudara
    2. Jika ukuran tsb = ukuran bra, kamu butuh cup AA
    3. Jika kedua ukuran tsb berselisih 1 inchi, kamu membutuhkan cup A
    4. Jika kedua ukuran tsb berselisih 2 inchi, kamu membutuhkan cup B
    5. Jika kedua ukuran tsb berselisih 3 inchi, kamu membutuhkan cup C
    6. Jika kedua ukuran tsb berselisih 4 inchi, kamu membutuhkan cup D

    Contoh pengukuran :
    * Ukuran lingkar dada bawah payudara 67,5 cm
    * Ukuran dalam inchi ukurannya adalah 27 inchi
    * Ukuran ganjil ditambah 5 cm menjadi 32 cm (ukuran bra)
    * Ukuran lingkar dada dibawah payudara 31 cm
    * Karena berselisih 1 cm, kamu membutuhkan cup A
    * Jadi ukuran Bra-nya 32 A

    Nah, siapapun anda, sekarang diharapkan dapat dengan mudah menentukan ukuran bra secara tepat.

    No comments:

    Post a Comment