Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Tuesday, June 22, 2010

    6 Makanan Untuk Kekebalan Tubuh

    Meningkatkan kekebalan tubuh tak hanya melalui suplemen tambahan saja, tapi juga dari makanan yang dimakan tiap harinya. Daripada bingung menentukan makanan apa yang cocok, simak info enam makanan berikut yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda!

    Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat kondisi tubuh menurun. Mudah terkena flu dan cepat sekali lelah. Beragam suplemen tambahan Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas / kekebalan tubuh agar lebih baik. Selain mengkonsumsi suplemen, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam.

    Nah, berikut ini adalah enam jenis makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda:

    1. Buah dengan Rasa Asam
    Jenis buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk, lemon, dan anggur, mengandung banyak vitamin C yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Mengapa vitamin C penting dalam menjaga imunitas tubuh? Vitamin C dapat membantu tubu memproduksi sel darah lebih banyak sebagai anti bodi dan menjaga tubuh dari serangan virus. Untuk mendapatkan vitamin C setiap harinya, Anda bisa meminum perasan lemon yang sudah diberi air hangat. Tapi kalau Anda memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu nonjok untuk lambung.

    2. Telur
    Seperti yang Anda ketahui, bahwa telur merupakan sumber protein yang tinggi. Tapi tidak hanya protein saja, telur juga mengandung vitamin A yang mudah larut. Vitamin ini juga berperan penting dalam pembentukan imun tubuh. Selain telur, sumber vitamin A lainnya bisa Anda daptkan dari hati, makanan olahan dari susu, dan juga minyak ikan.

    3. Daging Tanpa Lemak (Lean Red Meat)
    Daging merah sudah dikenal sebagai sumber zat besi, dimana zat besi ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Idealnya, dalam seminggu Anda mengkonsumsi daging sebanyak dua hingga tiga kali. Ingat, daging yang Anda makan harus rendah lemak, dan pastikan saat memasak pun jangan terlalu banyak menggunakan bahan tambahan mengandung lemak. Apabila Anda tidak bisa makan daging merah, pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak jenis kacang-kacangan, telur, sayuran hijau, dan cereal.

    4. Gandum
    Sereal gandum atau sejenisnya seperti gandum, rye, barley, dan beras merah akan memberikan vitamin B yang cukup penting untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin B, asam pantothenoic, dan juga asam folat. Vitamin B mendukung sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, selain itu kandungan serat yang tinggi membuat pencernaan Anda bekerja dengan sangat baik.

    5. Seafood
    Hampir semua jenis seafood merupakan sumber utama zinc, namun yang paling besar adalah jenis kerang, remis, dan juga tiram. Sedangkan cumi, salmon, dan ikan lainnya juga mengandung zinc namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Peran zinc dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk memastikan sel-sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi dan virus bekerja dengan sebaik-baiknya.

    6. Kacang-kacangan
    Jenis kacang-kacangan tidak hanya bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang, tapi juga pemenuhan tubuh dari zinc, zat besi, dan juga vitamin B. Dan ketiga mineral tadi sangat mendukung sistem kekebalan tubuh. Setiap jenis kacang memiliki keuntungan yang berbeda, salah satunya adalah kacang Brazil yang kaya akan selenium, almond dan kacang tanah merupakan sumber vitamin E.

    Jenis kacang-kacangan adalah makanan yang cukp ideal dikonsumsi setiap hari. Selain cukup mudah ditemukan, harga yang cukup terjangkau, juga mampu mendukung sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

    Sumber: Eka Septia Wulan - detikFood

    No comments:

    Post a Comment