Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Thursday, January 14, 2010

    Fungsi Rambut Kemaluan

    Begitu memasuki masa puber, perubahan lain yang terjadi dalam tubuh seseorang biasanya adalah pertumbuhan rambut.

    Namun, pertumbuhannya bukan hanya ada di sekitar kepala, melainkan di ketiak dan sekitar kemaluan. Tidak jarang, rambut-rambut itu juga sering tumbuh di kaki.
    Pada bagian-bagian tubuh yang terlihat, rambut atau bulu ini dapat berfungsi sebagai mahkota atau untuk keindahan tubuh, selain juga memiliki fungsi-fungsi untuk kesehatan juga.
    Lantas, bagaimana dengan rambut-rambut yang tumbuh di bagian-bagian tubuh yang tersembunyi alias pribadi ? Apakah juga memiliki fungsi khusus ?
    Kalau diperhatikan di setiap tempat yang ‘rawan’ dan perlu dilindungi akan ditumbuhi rambut/bulu. Misalnya kepala, yang perlu dijaga agar tak terbentur, pecah, dan sangat rawan di bagian ubun-ubunnya. Sehingga saat masih bayi, rambut paling tebal di bagian tersebut.
    Kemudian pada sekitar mata juga ditumbuhi rambut, di bagian atas ada bulu mata agar debu, cairan, atau benda asing tak mudah singgah ke dalam mata.
    Ketika belum menggunakan baju, kemungkinan besar seluruh tubuh ditumbuhi rambut yang lebih jarang dan di tempat rawan ditumbuhi rambut yang lebih lebat dan menutupi tempat tersebut.
    Dengan pertumbuhan manusia, perubahan jaman dan evolusi manusia, maka tersisa yang paling penting yang menjaga bagian-bagian rawan tersebut dengan rambut.
    Nah, ilustrasi di atas mungkin bisa memberikan gambaran tentang pentingnya rambut-rambut ‘tersembunyi’, seperti rambut kemaluan dan rambut ketiak.
    Fungsi rambut yang menutupi bagian tubuh tersebut adalah untuk menjaga kelembabannya. Karena selain sensitif, pada bagian bawah organ tersebut tersimpan kelenjar yang sangat penting bagi tubuh.
    Banyaknya rambut yang tumbuh di ketiak dan sekitar kemaluan itu juga ditentukan oleh faktor keturunan dan hormonal. Jadi, tiap orang berbeda-beda. Mula-mula, rambut itu terlihat tipis halus. Lama-kelamaaan, rambut-rambut tersebut semakin tebal dan mengeras.
    Sejauh ini, tak banyak ulasan mengenai fungsi rambut ketiak dan rambut kemaluan. Meski diketahui bahwa secara alamiah fungsi rambut dan bulu adalah untuk melindungi tubuh dari cuaca dan tantangan alami lain.
    Yang pasti coba, diperhatikan, pertumbuhan rambut-rambut pasti lebih cepat kalau berada di daerah udara yang jauh lebih dingin daripada yang biasa dihadapi.
    Mungkin pada saat manusia masih belum mengenal pakaian, keberadaan bulu-bulu tersebut sangat dibutuhkan. Namun seiring dengan ditemukannya pakaian sebagai pelindung tubuh, maka fungsi rambut bisa terbantu oleh pakaian tersebut, sehingga tak menjadi masalah atau bahkan dianjurkan untuk memotong (memendekkan) rambut kemaluan ataupun mencabuti rambut di ketiak Anda, untuk alasan kebersihan maupun estetika.
    Sebenarnya untuk soal jumlah, tempat tumbuhnya dan bentuk rambut merupakan ciri khas masing-masing manusia, yang tentunya berbeda satu sama lain. Selain sidik jari, banyaknya dan tempat tumbuhnya rambut juga bisa menunjukkan data orang tersebut.

    Fungsi dari rambut kelamin adalah:

    * memberikan kehangatan
    * indikasi visual dari kematangan seksual
    * pengumpulan dari pengeluaran feromon
    * mengurangi gesekan luar saat hubungan seksual
    * pelindung wilayah yang ditumbuhi rambut kemaluan, karena wilayah ini sensitif

    Menurut Prof. Yohanes Surya, Ph.D:
    Salah satu fungsi rambut di ketiak atau di sekitar alat kemaluan adalah untuk mengurangi gesekan. Rambut-rambut ini memudahkan pergerakan tangan atau pergerakan ketika melakukan hubungan seksual.
    Di sekitar rambut atau bulu-bulu itu terdapat banyak kelenjar apocrine yang berfungsi mengeluarkan feromon, yang baunya dapat menarik lawan jenis. Akhir-akhir ini feromon telah menjadi bahan riset yang cukup menarik dan telah dijadikan semacam parfum untuk menarik lawan jenis walaupun keampuhannya belum sepenuhnya diakui.

    Menurut Dr.(Naturopathy) Ir. Donny Hosea MBA. PhD:
    1. Kalau anda perhatikan tubuh anda, maka untuk setiap tempat yang rawan dan perlu dilindungi maka akan tumbuh rambut/bulu ditempat tersebut. Contohnya, kepala, perlu dijaga, tidak terbentur, pecah, dan sangat rawan di ubun2, dimana tumbuh rambut paling tebal disana ketika masih bayi. Mata, ada rambut, di atasnya, ada bulu mata agar debu, cairan, atau benda asing tidak dengan mudah singgah dalam mata.

    Ketika belum menggunakan baju, kemungkinan besar, seluruh tubuh ditumbuhi bulu yang lebih jarang, dan ditempat rawan ditumbuhi bulu yang lebih lebat dan menutupi tempat tersebut. Dengan pertumbuhan manusia, perubahan zaman dan evolusi manusia, maka tersisa yang paling penting yg menjga bagian 2 rawan tersebut dg bulu.

    2. Sebenarnya jumlah bulu, tumbuhnya dimana, dan bentuk bulu merupakan finger print atau ciri khas masing-masing manusia yang berbeda satu sama lainnya, hanya saja sidik jari, merupakan hal yang cukup terlihat, tanpa menyinggung ke-porno-an, dan dengan segera bisa diambil gambarnya hanya segera meggunakan tinta, pada hal faktor-faktor lainnya seperti banyaknya bulu, lokasi bulu, juga bisa menunjukan data orang tersebut.

    3. Bulu adalah produk yang di samping berguna seperti yang disebutkan di atas, juga merupakan identifikasi sex yang mempunyai pengagum tersendiri; misalnya Anda dan istri/suami Anda mengenal Anda dan menjadi tertarik secara seksual, atau terangsang secara seksual karena citra bulu Anda yang misalnya hanya ada pada daerah tertentu, bentuk dan jumlahnya tertentu juga.

    Sifat Bulu Kemaluan
    bulu kemaluan mempunyai sifat yang khusus, yaitu jika di cukur dia akan tumbuh kembali ke ukuran normal, tapi jika tidak di cukur dia tidak akan panjang menjuntai-juntai. Tidak seperti rambut di kepala, jika tidak di cukur, dia akan panjang, menjuntai-juntai.


    SEBAGIAN besar kaum perempuan ataupun lelaki mungkin tak mengetahui cara pintar merawat bulu kemaluan. Mereka mengira karena letaknya yang tersembunyi maka tak perlu ada perawatan khusus. Benarkah?

    Eits, tunggu dulu. Pada prinsipnya bulu kemaluan juga harus dirawat sesempurna mungkin. Tentu caranya tidak boleh asal-asalan, seperti mencabut bulu kemaluan sesuka hati.

    Tim Mitra Inti yang belum lama ini meluncurkan buku berjudul "Kesproholic" menyarankan, perempuan ataupun lelaki tidak diperbolehkan membersihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabutnya. Sebab, apabila mereka mencabutnya, maka akan timbul lubang pada bekas cabutan tersebut, dan ini dapat menjadi jalan masuk bagi kuman atau jamur yang selanjutnya dapat mengakibatkan timbulnya iritas dan penyakit kulit di daerah tersebut.

    Bulu kemaluan yang terlalu lebat (tidak pernah dirapikan) juga dapat menjadi tempat tumbuhnya kutu, bakteri atau kuman, serta jamur yang pada akhirnya menimbulkan berbagai macam penyakit. Merapikan di sini artinya cukup memendekkan saja. Misalnya dipendekkan kira-kira setengah sentimeter dengan menggunakan gunting atau apabila Anda hendak mencukurnya bisa menggunakan busa sabun terlebih dahulu dan menggunakan alat cukur khusus yang lembut dan sebelumnya sudah dicuci dahulu dengan sabun dan disiram dengan air panas.

    Setelah digunakan, alat cukur wajib dicuci kembali dan disimpan di tempat yang bersih dan kering. Jangan disimpan di tempat yang lembap, karena bisa ditumbuhi jamur dan bakteri. Selain itu, jangan menggunaan alat cukur secara bergantian, walaupun dengan suami Anda.

    Artikel Terkait:
    Tips Mencukur Rambut Kemaluan

    No comments:

    Post a Comment