Klik tanda "X" untuk menutup menu ini:

Tips Sehat

  • Makanan Pencegah Rambut Rontok"Atasi rambut rontok dengan makanan yang kaya dengan asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, misalnya daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur."
  • Rambut Rontok "Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru."
  • Pisang Meningkatkan Produksi Sperma "Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak."
  • Air Rebusan Ketumbar Anti Kolesterol "Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."
  • Tips Untuk Penderita Wasir "Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."
  • Hilang Nafsu Makan "Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."
  • Khasiat Tempe "Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."
  • Kelelahan Mata "Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."
  • Manfaat Pisang "Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."
  • Mandi Uap "Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."
  • Atasi Insomnia "Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."
  • Obat Mata Merah "Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."
  • Daun Sirih: Hentikan Pendarahan "Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."
  • Jahe Atasi Perut Kembung "Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu mengurangi perut kembung dan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung zingerol yang membantu menyehatkan badan, memperlancar air seni, dan memperbaiki sistem pencernaan."
  • Susu Kedelai Untuk Kekebalan Tubuh "Minum susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Protein yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan menjaga pertumbuhan tubuh."
  • Ikan Atasi Pikun "Tambahkan ikan dalam menu makanan sehari-hari karena bisa mencegah kepikunan dimasa tua. Ikan mampu melindungi otak karena mengandung asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna atau mackerel."
  • Menangis Cegah Stress "Menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang. Air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata."
  • dikutip dari: detik.com

    Saturday, April 21, 2012

    Yoga Sambil Berkendaraan

    Saat ini berkendaraan di Kota Jakarta dapat membuat kita lelah, emosi, dan stress. Hal ini disebabkan karena kemacetan di Kota Jakarta sudah sedemikian parahnya ditambah lagi dengan pengguna jalan yang tidak disiplin dan membawa kendaraannya dengan seenaknya tanpa mau menghormati pengguna jalan lainnya. Hal ini sudah sangat ironis jika kita kaitkan dengan sejarah yang mengatakan bahwa bangsa yang sangat ramah.

    Bagi sebagian pengguna jalan yang sudah terbiasa disiplin tentulah sangat emosi menghadapi orang-orang yang tidak memiliki budaya disiplin tersebut. Walaupun demikian, bagi Anda yang sudah terbiasa disiplin, tidaklah perlu terpengaruh dengan ulah mereka yang tidak disipplin tersebut. Tetaplah kita membiasakan diri untuk disiplin. Karena disiplin itu harus dimulai dari diri kita sendiri.

    Bagi Anda yang sudah menerapkan budaya disiplin di jalan dan sedikit emosi jika mengalami akibat dari ulah pengguna jalan yang tidak disiplin ataupun menghadapi kemacetan, ada satu cara untuk mengatasinya, yaitu melakukan yoga. Yoga ini disebut sebagai Auto-Yoga. Berikut tips Auto-Yoga versi Ford:



    Auto-Yoga 1: Pernapasan

    Bernapas dengan benar merupakan kunci untuk melawan stress dan kelelahan. Jadi mulailah perlahan untuk membantu menenangkan Anda. Setelah itu, ambillah napas panjang secara perlahan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan.

    Tarik nafas melalui hidung dan buanglah nafas melalui mulut setidaknya hingga hitungan keempat. Bernafas dengan teratur dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan tubuh agar terhindar dari stres saat Anda terjebak kemacetan.

    Auto-Yoga 2: Leher Anda

    Setelah duduk seharian di kantor, leher Anda akan rentan untuk menjadi tegang. Dengan kedua tangan di setir, perlahan gerakkanlah kepala Anda berputar membentuk seperti lingkaran dan lakukan lebih lama pada bagian tubuh Anda yang membutuhkan lebih banyak regangan.

    Setelah itu, sambil tetap meletakkan kedua tangan Anda di atas setir, gerakkan leher Anda ke kiri dan ke kanan.

    Auto-Yoga 3: Punggung Anda

    Bila kendaraan Anda dalam keadaan berhenti total, angkat kedua tangan Anda ke atas dan tarik nafas dalam-dalam. Di saat yang sama, tarik badan Anda ke depan hingga menyentuh setir. Ambil nafas panjang untuk melegakan otot Anda.

    Kemudian, letakkan tangan kanan Anda mengelilingi dada dan gunakan tangan kiri Anda untuk menarik siku ke arah tubuh dan sebaliknya. Beban dari gerakan tadi dapat mengurangi ketegangan di punggung bagian bawah.

    Auto-Yoga 4: Tangan dan Kaki

    Ketika mengemudi, Anda menggunakan kedua tangan dan kaki. Jadi sangatlah penting untuk menjaga keduanya agar tidak kaku dan tegang.

    Dalam keadaan berhenti, genggamlah kedua tangan Anda dan buatlah gerakka melingkar. Gerakkan tersebut dapat membantu Anda meredakan ketegangan dan mengedarkan aliran darah.

    Pada saat berhenti, jangan lupa untuk mengistirahatkan kedua kaki Anda dan putarlah kedua kaki Anda tersebut dengan gerakkan melingkat.

    No comments:

    Post a Comment